Apa itu Kopi Americano?


Americano adalah minuman kopi espresso dengan tambahan air panas. Namanya diambil dari cara orang Amerika meminum espresso. Konon, penyebutan americano adalah sebagai lelucon dan ejekan terhadap orang-orang Amerika yang suka espresso-nya dibuat lebih encer. Secara kasat mata, americano memang serupa dengan kopi hitam (black coffee) atau tubruk. Namun, sebenarnya cara membuat kopi americano tidaklah seperti kopi hitam pada umumnya.
 
Kopi americano dibuat dari satu atau dua shot espresso, kemudian ditambahkan air panas di atasnya. Sementara kopi hitam adalah minuman hasil seduhan bubuk kopi tanpa espresso. Jadi, jangan sampai Anda salah pesan karena mengira bahwa americano sama dengan kopi hitam. Anda tidak akan menemukan crema (buih berwarna cokelat) yang kental seperti espresso pada americano. Alasannya, crema yang biasanya  ada pada permukaan espresso telah terpecah oleh siraman air panas. Maka dari itulah bentuk americano hampir menyerupai black coffee.

Perbandingan atau rasio antara espresso dengan air panas yang paling umum digunakan adalah 1:4. Satu untuk single atau double shot espresso, dan empat untuk air panas. Secangkir americano biasanya disajikan sebanyak 240 ml.
 
Selain rasio tersebut, ada juga beberapa orang yang menggunakan rasio 1:2 atau bahkan 1:1. Sah-sah saja mau pakai rasio yang mana karena masing-masing orang punya selera ngopi yang berbeda.
Bicara masalah selera, tidak ada jenis kopi khusus yang paling baik untuk membuat americano. Anda bisa menggunakan single origin maupun coffee blend.

Komentar

Postingan Populer