Perbedaan Antara Long Black, Americano dan Kopi Tubruk

Kopinya boleh sama hitam, tapi soal nama, rasa dan hasil akhirnya tentu saja bisa berbeda.
Jika ditanya jenis minuman kopi apa yang pertama kali kita kenal mungkin jawabannya adalah kopi hitam. Kopi hitam menjadi kopi pertama yang mungkin hadir di kehidupan kita.

Kopi hitam menjelma beberapa bagian yang terbagi atas beberapa nama juga: long black, Americano dan si klasik kopi tubruk. Namun adakah perbedaan di antara ketiga minuman yang sama-sama terdiri dari kopi dan air ini? Tentu saja ada dan untuk itulah artikel ini ditulis. Selamat membaca.


Long Black



Jenis minuman yang termasuk ke dalam “keluarga kopi hitam” ini terdiri dari air panas dan espresso. Minuman ini disajikan dengan menyiapkan air panas terlebih dahulu lalu setelah itu dituangkan espresso ke dalamnya. Long black berasal dari Australia dan Selandia Baru oleh karena itu cara penyajiannya haruslah mengikut negara asalnya, tak boleh sebaliknya. Untuk perbandingan rasio air dan espressonya biasanya tergantung selera. Ada yang mengatakan jika memakai 160 ml air, sebaiknya menggunakan 30 ml. Tapi itu semua bisa disesuaikan dengan selera penikmatnya masing-masing. Long black identik dengan sisa krema yang berada di permukaan kopi. Karena menuangkan air panas terlebih dahulu sebelum espresso maka krema yang berada di atas kopi tetap utuh berada di permukaan cangkir. Ini yang menyebabkan long black berbeda dengan jenis kopi hitam lainnya.

Americano


Seperti namanya, Americano tentu adalah kopi hitam yang berasal dari Amerika. Meskipun di coffee shop di Amerika dan sekitarnya tentu menyediakan juga menu long black. Meski sama-sama kopi hitam, Americano tentu berbeda dengan long black. Yang membedakannya sebenarnya sederhana saja yaitu cara penyajiannya. Cara menyajikan adalah espresso disiapkan terlebih dahulu lalu menambahkan air panas setelahnya. Hasil Americano biasanya nyaris tak meninggalkan krema di permukaan cangkir. Hal tersebut dikarenakan espresso yang diguyur air panas sehingga memecah krema yang ada pada espresso. Hal inilah perbedaan paling jelas antara Americano dan long black. Krema pada permukaan cangkir adalah yang membedakan kedua jenis kopi hitam ini.

Kopi Tubruk



Bicara soal kopi hitam tak lengkap rasanya jika tak membahas sedikit tentang kopi tubruk. Apa yang membedakan kopi tubruk dengan dua jenis kopi di atas selain ketradisionalannya adalah tentu cara penyajiannya. Kopi tubruk adalah kopi hitam yang dinikmati berikut dengan ampas kopinya. Oleh karena itu, kopi tubruk biasanya disiapkan dengan kopi bubuk yang bisa digiling halus atah medium sesuai selera lalu disiram dengan air panas mendidih. Beberapa orang gemar mengaduk lalu mendiamkannya sebentar agar ampasnya tenggelam ke dasar cangkir. Lalu setelah itu diserupun nikmat ditemani dengan pisang goreng hangat.
                                         

Komentar